Tuesday, 17 July 2018

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik - Demi keamanan dan kenyamanan Anda – dan para pengguna jalan di sekitar Anda– saat Anda melaju dengan mobil di jalan, sangat dianjurkan agar Anda memiliki asuransi mobil. Sehingga Anda akan terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan, apalagi yang menyangkut pengeluaran biaya yang besar. Ikuti beberapa tip ini untuk membantu memilih jenis asuransi mobil yang Anda butuhkan.

Perhatikan clausa. Secara umum terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu total loss dan all risk. Total loss hanya mengganti biaya kendaraan yang hilang, sedangkan all risk mengcover kerusakan mobil saat Anda menabrak kendaraan lain dan juga pihak ketiga. Dengan nilai premi yang lebih tinggi, pada asuransi all risk Anda bisa menambahkan cover huru-hara, banjir, dan gempa bumi. Dan, beberapa perusahaan asuransi seperti ACA atau Garda OTO sudah dilengkapi dengan pelayanan mobil derek 24 jam, sehingga Anda bisa siap dibantu kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Hitung nilai premi dan discount. Saat memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda, perhatikan nilai premi dan potongan yang bisa Anda dapat. Sebagai contoh, untuk nilai premi all risk, berkisar dari 2,8 – 3,5 % dari nilai kendaraan Anda, dan biasanya Anda bisa mendapat potongan premi hingga 15 %. Namun perlu diperhatikan, apakah potongan harga tersebut mengurangi jumlah fasilitas yang Anda dapat? Kalaupun Anda mendapat premi yang murah, tapi pada saat terjadi musibah, asuransi pilihan Anda malah menyulitkan, bukankah sebaiknya Anda memilih yang (lebih) mahal namun memudahkan Anda?

Cek rekan bengkel. Setiap perusahaan asuransi mobil –di mana pun– telah memiliki hubungan kerja dengan bengkel body repair. Maka, saat Anda ingin melakukan klaim, pihak asuransi biasanya memberikan beberapa pilihan bengkel kepada pemegang polis. Sebaiknya, sebelum kendaraan Anda dimasukkan ke bengkel tersebut, tinjaulah terlebih dulu, dan cermati cara mereka bekerja serta kualitas pengerjaannya. Dengan demikian, setelah mobil ditinggal di sana untuk diperbaiki, Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Baca Juga: 4 Perusahaan Asuransi Jiwa yang Terbaik dan Murah 2018

Cermati pengurangan nilai kendaraan. Bagi yang ingin membayar dengan nilai premi yang lebih rendah, Anda dapat melakukan pengurangan nilai kendaraan hingga 5% dari premi yang ditawarkan. Namun, patut diperhatikan bahwa jika hal tersebut dilakukan –contohnya, saat kendaraan Anda tak bisa lagi diperbaiki atau hilang– nilai yang diganti dari perusahaan tersebut tetap sesuai berdasarkan kontrak di awal.

Kendaraan berumur 10 tahun. Bagi kendaraan yang sudah berumur 10 tahun atau lebih hanya bisa dicover dengan asuransi total loss. Asuransi all risk tidak berlaku untuk kendaraan tersebut. Nilai premi berkisar dari 1,8- 2,2 %.