Monday, 21 May 2018

Cara Mempromosikan Bisnis atau Usaha Menggunakan Sosial Media

Ilustrasi Promosi

Berbisnis, susah atau mudah? Ya susah mudahnya itu tergantung dari Anda yang menjalankannya, dijaman yang serba modern seperti sekarang ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mengembangkan Bisnis yang mereka bangun, mereka mencari berbagai macam solusi agar Bisnis yang mereka bangun bisa berkembang dan dikenal banyak orang, tapi tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, lalu bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah menggunakan Sosial Media.

Menurut beberapa Survey, kurang lebih ada 132 Juta Orang di Indonesia, menggunakan Sosial Media setiap harinya, hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan Julukan Penggila Sosmed di Dunia, kalau tidak salah menempati urutan ke empat (mohon koreksi jika salah), tidak hanya di Indonesia saja, karena faktanya hampir semua orang di Dunia tidak bisa terlepas dari yang namanya Sosial Media, mereka menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dengan teman, saudara, atau bahkan untuk Berbisnis. Dengan adanya data tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan kalau Sosial Media bisa menjadi lahan bisnis yang sangat potensial.

Sebagai media yang sering di gunakan oleh banyak orang, banyak pebisnis yang memanfaatkan Sosial Media untuk membuat sebuah strategi pemasaran, atau promosi, yang bisa dikatakan gratis tanpa biaya sepeserpun, Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas seperti gadget dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun, lalu bagaimana caranya?

Sosial Media yang Sering Digunakan untuk Promosi

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang bagaimana Cara Berbisnis Menggunakan Sosial Media, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa sosial media yang sudah populer dan sering digunakan untuk keperluan promosi, berikut daftarnya.

1. Facebook

Tidak dapat dipungkiri, saat ini Facebook menempati urutan pertama sebagai Sosial Media dengan pengguna paling banyak di Dunia, yaitu mencapai hingga 2 Miliar lebih pengguna. Tidak hanya digunakan sebagai alat bersosialisasi dan komunikasi, ternyata Facebook juga sering digunakan oleh pemilik usaha / bisnis sebagai alat untuk promosi.

2. Twitter

Sosial media yang kedua adalah Twitter, Jejaring Sosial asal California, Amerika Serikat ini juga ramai digunakan oleh Masyarakat di Dunia, tidak hanya sebagai alat bersosial media, Twitter juga sering digunakan oleh banyak orang sebagai Alat Promosi. Media yang bermaskot Burung ini dinilai lebih mudah dan simple dalam mempromosikan Usaha, hal ini karena Microweb satu ini sangat mudah di Akses oleh Smartphone.

3. Instagram

Saat ini Instagram menjadi media Sosial Paling Favorit untuk digunakan sebagai media Promosi, karena dengan Instagram kita bisa lebih mudah mengunggah Foto produk yang akan kita jual, di Instagram juga kita bisa memberikan Caption yang lebih panjang, tidak hanya itu, semua foto yang kita posting juga bisa dengan mudah dilihat oleh Calon pembeli, karena setiap foto yang kita upload akan secara otomatis tersusun rapi.

Instagram juga sangat di gandrungi oleh kalangan muda, jadi jika anda memiliki produk yang berhubungan dengan fashion, atau segala hal yang berhubungan dengan remaja, maka Instagram merupakan media terbaik untuk mempromosikan usaha anda.

4. Youtube

Media keempat yang saat ini ramai sekali digunakan adalah Youtube, pada tahun 2015 Youtube meledak pamor nya saat banyak konten kreator bermunculan, mulai dari muda hingga tua banyak yang menggunakan media sosial berbasis video ini, hal ini dikarenakan kategori konten yang ada di Youtube, semua nya ada, mulai dari Tutorial hingga Game, banyak para pebisnis dan pemilik usaha menggunakan Youtube sebagai alat Promosi, tapi anda harus bisa sedikit menguasai Editing Video jika anda ingin mempromosikan bisnis anda menggunakan Youtube.

Keempat Sosial Media diatas merupakan yang paling populer digunakan oleh banyak pemilik usaha atau bisnis, lalu bagaimanakah cara mempromosikan bisnis menggunakan ke-empat sosial media diatas? Berikut caranya.

Cara Promosi Menggunakan Sosial Media


1. Menggunakan Facebook

Promosi menggunakan Facebook secara gratis ada 2 cara, yaitu menggunakan Akun Personal dan Menggunakan Fanspage, berikut caranya.

  • Akun Personal
Cara yang satu ini merupakan cara yang sangat umum digunakan oleh orang-orang, jadi saya Asumsikan anda sudah memiliki akun facebook pribadi, nah tugas anda, tambahlah Friendlist sebanyak mungkin, hingga mencapai batas maksimal yaitu lima ribu pertemanan, tapi ada satu yang perlu di perhatikan yaitu, target, anda harus lihat jenis usaha apa yang anda bangun, jika anda membuka usaha atau bisnis di bidang fashion anak muda, maka anda harus mencari Friendlist anak muda, agar usaha anda bisa lebih tertarget.

  • Fanspage
Cara yang kedua adalah menggunakan fitur Fanspage atau Halaman, anda terlebih dahulu harus mempunyai akun Facebook Personal terlebih dahulu, setelah itu buka http://web.facebook.com/pages/creation/ Isi semua kolom yang dibutuhkan seperti Nama Fanspage, gambar profil dan lain-lain, jika Fanspage sudah dibuat, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mempromosikan Fanspage yang anda buat menggunakan Akun Personal anda, anda bisa mempromosikan di Beranda, ataupun di grup-grup facebook.

2. Menggunakan Twitter

Sebenarnya promosi menggunakan Twitter tidak terlalu banyak digunakan oleh orang-orang, tapi anda bisa mencobanya, caranya cukup gampang, anda terlebih dahulu harus memiliki akun personal. setelah itu jangan lupa perbanyak follower anda, jika sudah langsung saja promosikan usaha atau bisnis anda menggunakan Tweet, tapi ada satu kelemahan jika menggunakan twitter, yaitu caption yang anda tulis tidak bisa lebih dari 160 kata.

3. Menggunakan Instagram

Cara yang satu ini menjadi cara yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis, di Instagram ada dua cara jika ingin mempromosikan bisnis, yaitu menggunakan jasa Endorse, dan Promosi Menggunakan Akun Personal.

  • Endorse
Endorse merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis anda, karena semua produk anda akan di promosikan oleh orang yang memiliki banyak follower, caranya carilah orang atau Selebgram yang memiliki banyak Follower, langsung saja DM Selebgram tersebut,tapi, anda harus mengeluarkan uang jika ingin menggunakan jasa Endorse, 

  • Akun Personal
Sama seperti cara-cara diatas, anda terlebih dahulu harus memiliki banyak Follower, agar setiap postingan anda bisa dilihat banyak orang, tapi jangan lupa anda harus tetap rajin memposting setiap produk anda ke Instagram.

4. Youtube

Cara yang ke-Empat ini anda harus memiliki sedikit keahlian dalam bidang komputer, dimana anda diharuskan bisa Mengambil dan Mengedit Video, buatlah video yang mendeskripsikan Produk atau Bisnis anda, setelah itu buatlah E-mail, anda bisa membuat email di www.gmail.com, sudah membuat gmail? Langsung saja anda buka Youtube, lalu upload video anda, dan share video anda ke sosial media seperti Facebook dan lain-lain.

Saat ini mempromosikan sebuah usaha atau bisnis menggunakan sosial media merupakan salah satu cara yang sangat bagus, karena Sosial Media bersifat Global, artinya semua orang bisa melihat apa yang anda posting, dengan semakin banyak orang melihat Usaha atau Bisnis anda, maka usaha Anda akan semakin berkembang.