Monday, 5 March 2018

Pengertian Aktuaria Peluang Kerja Gaji dan Tugasnya

Pengertian Aktuaria Peluang Kerja Gaji dan Tugasnya

Pengertian Aktuaria - Aktuaria secara umum merupakan suatu ilmu yang mengkombinasikan antara ilmu matematika, ilmu keuangan ,ilmu statistika dan ilmu program komputer,  jadi ilmu Aktuaria juga bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan resiko keuangan di masa mendatang. Aktuaria merupakan pekerjaan yang sangat elit, dan memiliki gaji yang tinggi.

Biasanya perusahaan Asuransi ataupun Perusahaan Keuangan lainnya, sangat membutuhkan seorang Aktuaris, terutama dalam perusahaan Asuransi Aktuaris sangat dibutuhkan, hal ini dikarenakan Asuransi sangat berkaitan erat dengan pengelolaan resiko keuangan.

Seorang Aktuaris diharuskan untuk mengatur semua program Asuransi seperti, Asuransi Jiwa, Asuransi pendidikan, dan lainnya. Namun jika dilihat lebih dalam, Seorang Aktuaris dituntut untuk bisa menjabarkan rumus-rumus,tertentu tentang kapan seseorang harus melakukan klaim asuransi, misalnya, mendeskripsikan rumus-rumus untuk menghitung premi dan klaim sehingga perusahaan asuransi dapat mencapai keuntungan tanpa merugikan nasabah.

Hal yang menjadi pendukung mengapa seorang Aktuaris sangat dibutuhkan perusahaan Asuransi adalah ketika pemerintah mewajibkan semua perusahaan Asuransi untuk setidaknya memiliki satu orang aktuaris, yang tertulis pada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 426/KMK.06/2003 pada BAB III Pasal 16 tentang perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Asuransi Syari'ah Yang Wajib Kamu Ketahui

Untuk masalah peluang pekerjaan, Aktuaris merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar hal ini dikarenakan jumlahnya yang masih sangat sedikit, sehingga membuat banyak perusahaan Asuransi berebut untuk mendapatkan seorang aktuaris, bahkan seorang sarjana yang baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja pun laris manis di rekrut perusahaan.

Peran dan Fungsi Aktuaria dalam Perusahaan Asuransi


Aktuaria memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan Asuransi, berikut penjelasannya.

  1. Yang Pertama, Ilmu Aktuaria sangat dibutuhkan untuk Memastikan customer/nasabah membayar premi sesuai dengan resiko nasabah/customer.
  2. Yang Kedua, Ilmu Aktuaria juga berfungsi untuk memastikan semua premi yang terkumpul itu cukup untuk membayar klaim nasabah lain, dan untuk biaya operasional.
  3. Yang Ketiga, Ilmu Aktuaria berfungsi untuk mengatur nilai premi apakah jumlah premi yang terkumpul masih dalam batas kewajaran atau tidak.

Pekerjaan Aktuaris di Perusahaan Asuransi


Seorang Aktuaris ternyata memiliki pekerjaan yang banyak dan sangat berperan bagi kemajuan suatu perusahaan, berikut penjelasannya.

1. Seorang Aktuaris harus menentukan suatu harga Produk Asuransi menggunakan:

  • Tingkat Mortalita; Morbidita
  • Tingkat Investasi
  • Skala Penjualan
  • Skala Biaya
  • Klasifikasi Risiko

2. Membuat cadangan/estimasi Risiko yang telah/akan dijamin

  • Memastikan kecukupan kewajiban
  • Menjaga Kesehatan keuangan

3. Membuat proyeksi dan analisis teknis perkembangan perusahaan

  • Membuat analisis kecukupan Pemasukan dan kewajiban
  • Meninjau ulang kecukupan dan kewajaran biaya-biaya
  • Meninjau ulang risiko yang ada dengan kewajarannya
  • Meninjau ulang kecukupan tingkat mortalita; morbidita
  • Meninjau ulang kecukupan tingkat Investasi
  • Meninjau Ulang harga atas penjualan dengan volume penjualan

Universitas yang memiliki mata kuliah Aktuaria


Karena Aktuaria sangat dibutuhkan perusahaan, ada beberapa Universitas yang memiliki bidang studi jurusan Aktuaria, yaitu.

  1. Universitas Gajah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Institut Teknologi Sepuluh November
  5. Institut Pertanian Bogor
Dari kelima perguruan tinggi tersebut, ada beberapa perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Persatuan Aktuaria Indonesia, hal ini dikarenakan Aktuaria sangat dibutuhkan oleh perusahaan, selain itu kerjsama ini juga berfungsi agar sarjana yang baru lulus (Fresh Graduate) dari sana bisa menjalankan beberapa tes, dan ujian sertifikasi.

Adapun dalam menjadi seorang Aktuaris ternyata memiliki ujian yang sangat banyak, yaitu 7 mata uji diawal, dilanjut jika ujian ini lulus akan menjadi Ajun (Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAAIJ) kemudian lulus 3 mata ujian lanjutan untuk mendapat gelar Fellow Society of Actuaries of Indonesia (FSAI), yaitu gelar puncak dalam aktuaria.

Ada 7 Mata kuliah yang harus dihadapi mahasiswa jika ingin menjadi Aktuaris yaitu.
  1. Asuransi Umum/Kerugian
  2. Asuransi kesehatan
  3. Manfaat/benefit karyawan
  4. Kebijakan sosial
  5. Keuangan
  6. Manajemen Resiko
  7. Anuitas

Lantas Bagaiman dengan Gaji seorang Aktuaris?


Jika dilihat dari peluangnya, ternyata gaji seorang Aktuaris sangatlah menggiurkan, adapun seorang Aktuaris dibagi menjadi beberapa jabatan berikut uraiannya.

  1. Actuarial Analyst Seorang Actuarial Analyst memiliki peran sebagai seorang analis di perusahaan Asuransi dengan tugas menganalisis data, menghitung probabilitas dan biaya terkait dengan kejadian tertentu, menggunakan model statistik, adapun Gaji Untuk Seorang Actuarial Analyst adalah kisaran 4 hingga 7 Juta perbulannya.
  2. ASAI (Associate Societies Actuary Indonesia) ASAI Merupakan pekerjaan satu tingkat diatas Actuarial Analyst, untuk mencapai ini anda harus lulus 5 mata ujian sertifikasi, untuk gaji cukup besar yaitu kisaran 10-25 juta perbulannya.
  3. Manager Actuary Profesi ini diatas dari Actuarial Analyst dan ASAI, tugas dari seorang Manager Actuary pekerjaan utamanya adalah untuk perbankan, keuangan, sekuritas, dan layanan asuransi untuk menganalisa berbagai risiko dan konsekuensinya bagi bisnis, gaji dari seorang Manager Actuary sangat besar, yaitu kisaran 30-38 juta perbulannya.
  4. FSAI (Fellow Societies Actuary Indonesia) FSAI Bisa diraih jika anda sudah lulus dengan tingkatan fellow, dan naik ke posisi Appointed Actuary, untuk gaji nya pun sangat fantastis  yaitu kisaran 45-50 juta rupiah perbulannya.
  5. Chief Actuary Pekerjaan ini bisa dibilang seperti Direktur Utama Aktuaris, dimana menjadi tingkatan tertinggi dari ke empat pekerjaan diatas, dan gaji nya pun sudah mencapai ratusan juta rupiah.
Tak banyak yang tahu, bahwa seorang Aktuaris sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan jasa keuangan, semoga artikel diatas bisa memberikan sedikit informasi tentang apa itu aktuaria, gaji peluang kerja serta tugasnya.