Friday, February 16, 2018

Wajib Baca! Peluang Usaha dengan Peternakan Ayam


Peluang Usaha Peternakan Ayam Sukses - Usaha peternakan Ayam saat ini kurang dilirik masyarakat di Indonesia, alasan kurang diminati karena membutuhkan tempat yang luas, dan tidak biasa dengan baunya,padahal prospek kedepannya untuk peluang usaha ini sangatlah bagus. Bisa kita lihat, Ayam laku setiap harinya karena menjadi lauk makan dirumah, bahkan hingga restoran, apalagi kalau sudah memasuki hari raya, penjualan ayam meningkat drastis.

Peluang Usaha Peternakan Ayam yang Sangat Menjanjikan


Dalam menjalankan Usaha peternakan Ayam, modal yang dikeluarkan memang terbilang lumayan besar, anda harus mempunyai tempat yang cukup untuk membuat kandang, tapi melihat prospeknya yang sangat bagus, tidak ada salahnya anda mencoba usaha ini. Dalam menjalankan usaha peternakan ayam, anda harus memfokuskan salah satu jenisnya dahulu, ada beberapa jenis usaha peternakan ayam, seperti ayam petelur, ayam potong, pembesaran ayam dan ayam hias.

Modal Awal


Modal awal yang harus anda siapkan tentu saja, anda harus mempunyai tempat yang cukup lega, untuk menampung beberapa kandang ayam, selain kandang dan tempat, anda juga harus menpersiapkan beberapa hal lain, seperti pangan, vaksin, alat minum ayam, dan sebagainya.
Estimasi biaya, jika anda sudah mempunyai tempat yang pas, modal yang harus dikeluarkan hingga kisaran Rp.15 juta.


Jenis Usaha Peternakan Ayam


Seperti yang sudah saya katakan diatas, untuk menjalankan usaha peternakan ayam anda harus fokus pada satu jenis usaha peternakan ayam, ada beberapa jenis usaha peternakan ayam, seperti ayam petelur, ayam potong, ayam pembesaran dan ayam hias.

1. Ayam Petelur


Ayam petelur menjadi usaha yang paling menguntungkan, karena ayam petelur bisa menghasilkan 1 telur setiap harinya, jika anda memiliki ayam petelur yang sangat banyak, maka keuntungan anda akan bertambah, jika harga 1 telurnya bernilai Rp.1000 dengan biaya pakan Rp.500 perharinya, maka anda sudah mendapatkan keuntungan Rp.500 perhari, ditambah jika jumlah ayam anda mencapai 2000 ekor, maka perhari penghasilan anda 1 juta rupiah perharinya.

2. Ayam Potong


Bisnis Ayam Potong juga tak kalah menggiurkan, jika sudah mencapai masa panen, maka keuntungan akan menjadi berlipat, jenis ayam potong ini bisa anda dapatkan dari peternakan pembesaran, misal ayam yang anda beli dari Peternakan Pembesaran seharga Rp.1000 jika anda membeli 1000 ekor, di hari ke 45-50 anda bisa melakukan pemanenan, rata-rata harga ayam potong berkisar antara 25-30ribu rupiah, jika anda berhasil panen hingga 800 ekor, maka anda akan mendapatkan keuntungan hingga Rp.24 juta rupiah.

3. Ayam Pembesaran


Jenis usaha Ayam Pembesaran juga sangat menguntungkan, jenis usaha ini adalah menjual bibit ayam kecil yang akan menjadi ayam potong, Ada beberapa peternak ayam yang sengaja menetaskan telur dan menjadikannya sebagai ayam kecil sehingga pada usia yang sudah cukup bisa dijual kepada peternak lain. Ini yang bisa menjadi potensi mendapatkan keuntungan karena setiap peternak memiliki fokusnya masing-masing. Dengan cara ini Anda bisa mengajak lebih banyak peternak lain untuk bekerja sama. Setelah menggunakan alat inkubator selama 21 hari maka anak ayam sudah bisa terlihat. Harga jualnya per ekor bisa sampai 5 ribu rupiah untuk kualitas yang bagus.

4. Ayam Hias


Peternak ayam hias juga sangat menguntungkan, kita ambil contoh peternakan Ayam Kate, bibit ayam kate yang berumur satu bulan seharga Rp.75.000, jika sudah masuk masa dewasa Ayam Kate bisa mencapai harga Rp.500.000 - Rp.1.000.000, bayangkan jika anda memiliki 1000 Ekor Ayam Kate, anda akan mendapatkan keuntungan hingga Rp.50 juta.

Bisnis Peternakan ayan memang sangat menguntungkan, tapi perlu di ingat bahwa semua usaha ada resiko, usahakan untuk mencari tempat yang sejuk dan jauh dari pemukiman, karena selain baunya yang mengganggu, ayam juga rentan terkena virus flu burung, yang tidak hanya membahayakan bagi ayam, tapi juga bagi warga sekitar.