Monday, 19 February 2018

Lakukan Hal ini Sebelum Memulai Usaha Anda


Tips Memulai Bisnis - Setelah saya lihat, ternyata banyak sekali orang yang takut memulai suatu Usaha atau Bisnis, alasannya pun cukup beragam, mulai dari modal yang minim, takut merugi, tidak mempunyai bakat bisnis dan sebagainya, padahal sebenarnya Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja loh. Dan tentu saja memulai suatu bisnis tidak sembarangan, ada beberapa tips dan trik yang harus anda ketahui sebelum terjun ke dunia bisnis.

Dalam menjalankan bisnis atau usaha modal bukanlah hal utama yang harus anda fikirkan, karena saya lihat, kebanyakan orang terlalu lama untuk memikirkan modal, sehingga bisnisnya tidak berjalan sama sekali, karena tanpa modalpun anda bisa menjalankan usaha dan bisnis, seperti bisnis online, adapun jika anda berniat untuk menjalankan bisnis, berikut ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menjalankan bisnis.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai bisnis


1. Pilih Jenis Usaha atau Bisnis


Dalam menjalankan bisnis, anda harus melihat jenis usaha apa yang akan anda bangun, misalkan anda berbakat dalam mengoperasikan komputer, anda bisa memulai dengan menjalankan bisnis online, seperti dropship, blogger, dan sebagainya, kelebihan dari bisnis online, tidak memerlukan modal yang besar, atau anda beminat untuk memulai usaha peternakan, dan sebagainya, anda harus memikirkan dengan matang jenis usaha apa yang akan anda bangun.

Baca Juga: 6 Kesalahan Paling Fatal dalam Bisnis Online yang Sering Orang Lakukan

2. Tentukan Modal


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa modal bukanlah hal utama yang harus anda pikirkan, tapi jika kita melihat dalam usaha real seperti, usaha peternakan, kuliner dan sebagainya, tentu anda harus menyiapkan modal yang akan anda keluarkan, tidak hanya itu anda juga harus menghitung pengeluaran modal dan berapa harga jual barang usaha anda.


3. Perbanyak Relasi


Mempunyai banyak relasi juga bisa menjadi hal pendukung untuk perkembangan usaha anda, dengan banyak nya relasi / teman yang anda miliki, anda juga bisa mendapatkan referensi tentang usaha yang akan anda bangun, tidak hanya itu, jika anda memulai usaha jenis kuliner, tentu anda sudah tidak perlu susah payah untuk promosi, anda cukup manfaatkan handphone anda untuk menawarkan ke teman teman anda.

4. Tentukan Tempat Yang Pas


Dalam menjalankan usaha, tempat sangatlah penting, hal ini tergantung dari jenis usaha apa yang akan anda bangun, jika anda memulai usaha peternakan, jangan anda memulai bisnis ini di tempat pemukiman, karena selain baunya yang mengganggu, bisnis peternakan juga rentan terhadap virus, contohnya flu burung.

5. Melihat Peluang Pasar


Melihat peluang pasar sangatlah penting, anda harus bisa menganalisa, apakah produk yang akan anda jual selalu dibutuhkan oleh masyarakat, apakah produk yang akan anda jual itu sesuai dengan target pemasaran anda.

6. Mental

Seorang pengusaha harus mempunyai mental yang kuat, dan pantang menyerah, rugi itu hal yang sudah lumrah dalam berwirausaha, tapi dalam hal ini, mantapkanlah pemikiran mengandalkan hidup tak hanya dari gaji bulanan saja. Pengusaha harus bisa berpikir mendapat kenaikan keuntungan dari bisnisnya sendiri. Termasuk risiko menerima lebih banyak kerugian daripada keuntungan.


Itulah beberapa tips sebelum menjalankan usaha, dalam menjalankan usaha tentu saja tidak sembarangan, anda juga harus siap menerima segala resiko, termasuk kerugian, semoga tips diatas bisa bermanfaat.