Tuesday, February 6, 2018

Apa itu AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) Penjelasan Serta Perannya


Apa itu AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) - Perkembangan Asuransi Jiwa di Indonesia mulai dari beberapa dekade lalu hingga sekarang sangatlah pesat, banyak sekali Perushaan Asuransi Jiwa yang berdiri sudah sejak lama di Indonesia, bahkan dari jaman sebelum merdeka nya Indonesia. Sebelumnya industri Asuransi Jiwa tergabung dalam Dewan Asuransi Indonesia (DAI), DAI merupakan wadah tunggal, bagi semua perusahaan Asuransi, hingga pada Tahun 2002 dan bertepatan pada kongres DAI yang ke-10 dibentuklah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sebagai induk organisasi Asuransi di Indonesia, terutama Asuransi Jiwa.


VISI dan MISI Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

AAJI memiliki dua visi yaitu, Menyatukan arah dan tujuan usaha asuransi jiwa dalam rangka pemberian perlindungan kepada masyarakatkhususnya pemegang polis tertanggung. yang merupakan perwujudan peran serta industri Asuransi Jiwa dalam usaha meningkkan kesejahteraan masyarakat. dan Mengembangkan Asosiasi dan Usaha Anggota melalui dukungan terhadapProgram Pengembangan Usaha yang berorientasi kepada kepentingan yang berimbang antara kepentingan Anggota dan kepentingan masyarakat.

Baca Juga: 11 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia Terbaru 2018

Tidak hanya itu, AAJI juga berperan sebagai payung bagi perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia, dan juga menjadi wadah dan penyalur Aspirasi serta memupuk kerjasama yang saling memberi manfaat untuk pengembangan usaha asuransi jiwa di Indonesia.

AAJI juga memiliki Misi yang sangat bagus, yaitu Membangun kesepakatan antar para Anggota tentang masalah yang menjadi permasalahan penting dalam industri.

Mendorong terciptanya kondisi regulasi perasuransian jiwa di Indonesiayang mendukung kepentingan berimbang antara kepentingan Anggota dan kepentingan masyarakat. Memelihara penegakan standar praktek dan kode etik pemasaran produk asuransi jiwa untuk membina dan mengembangkan persaingan yang sehat diantara para Anggota, demi perlindungan kepentingan masyarakat secara umum.

Meningkatkan citra industri asuransi jiwa melalui penyebaran informasi sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat.

Menyampaikan informasi kepada para Anggota tentang perkembangan yang terjadi baik di dalam maupun di luar industri asuransi jiwa.

Peran Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Sebagai Mitra

Peran dari AAJI yang pertama adalah sebagai mitra pemerintah Indonesia, untuk mengawasi semua aktifitas perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia, tidak hanya itu AAJI juga ikut berkontribusi dalam membangun Ekonomi Indonesia.

Tempat Komunikasi

AAJI juga berfungsi sebagai tempat komunikasi bagi pemilik perusahaan Asuransi, dan juga negara.

Wadah Aspirasi

Peran AAJI yang ketiga adalah sebagai penyalur Aspirasi kepada pelaku dan pemilik perusahaan Asuransi untuk perkembangan perusahaan yang dimiliki.

Kesimpulan

Bisa dibilang AAJI berfungsi sebagai pengawas untuk semua perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia, tidak hanya itu setiap tenaga pemasaran yang ingin mendaftar di sebuah perusahaan Asuransi, harus terlebih dahulu mengikuti ujian AAJI untuk mendapatkan Lisensi.

Sumber referensi: aaji.or.id