Thursday, 1 February 2018

Pentingnya Asuransi Jenis dan Manfaatnya

Via American Fidelity

Masyarakat kita saat ini kurang menyadari akan pentingnya Asuransi, terutama Asuransi Jiwa alasan paling utama mengapa orang Indonesia tidak minat dengan Asuransi adalah, tidak paham akan pentingnya Asuransi, kedua premi nya yang besar, dan masih banyak lagi alasan yang lain.
Asuransi banyak dianggap sebagai produk yang hanya boleh dinikmati oleh kalangan atas, padahal manfaat dari Asuransi ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan jika anda mengikuti atau membeli Asuransi.


1. Meminimalisir Kerugian

Semua orang di dunia ini tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kelak pada dirinya, kita semua tidak akan tahu, apakah kita besok masih bisa hidup, atau besok sakit, semua tidak ada yang tahu, dan hanya Allah tuhan yang maha esa yang mengetahui akan kehidupan hambanya.

Baca Juga: 11 Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia terbaru 2018

Kita sebagai manusia hanya bisa mengantisipasi, coba fikirkan jika anda memiliki keluarga, anda hidup dengan berkecukupan, tapi tiba-tiba sakit kritis menghampiri anda dan membutuhkan biaya yang sangat besar, apa yang anda lakukan? saya rasa menjual aset adalah hal utama yang banyak orang lakukan ketika terkena musibah, coba fikirkan keluarga anda apa yang akan anda tinggalkan untuk kehidupan keluarga anda nanti? untuk itulah Manfaat Asuransi ini ada, anda bisa meminimalisir kerugian yang anda keluarkan, jika anda sakit kritis dan membutuhkan biaya banyak, maka pihak Asuransi akan membayar semua biaya tersebut.

2. Sebagai Tabungan dan Investasi

Sebenarnya Asuransi bukanlah Investasi atau tabungan tapi Proteksi, yang melindungi aset keuangan anda, tapi ada banyak produk Asuransi yang menawarkan Proteksi, Investasi dan Tabungan.

3. Membuat Hidup Lebih Tenang

Seperti yang sudah di bahas di point nomor 1, bahwa setiap kejadian di masa depan tidak ada yang tahu, salah satu manfaat dari Asuransi adalah memberikan ketenangan akan aset yang kita miliki, hal kita tidak perlu memikirkan biaya yang akan keluar karena suatu musibah dimasa depan, karena sudah ada Asuransi yang membiayai nya.

4. Membantu Mengatur Keuangan

Sebagai nasabah, kewajiban Anda hanya satu, yaitu membayar premi, seperti yang sudah saya singgung, mengikuti Asuransi tidaklah mahal, dengan adanya asuransi akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi. Jika anda seorang perokok, maka ubahlah uang rokok itu menjadi uang Premi yang lebih bermanfaat untuk masa depan Anda.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Selain penjelasan mengenai Manfaat Asuransi secaram umum diatas, ada juga manfaat Asuransi berdasarkan jenisnya.


1. Asuransi Jiwa

Manfaat dari jenis Asuransi ini adalah, Asuransi ini diperuntukkan bagi nasabah yang menanggung kerugian finansial tidak terduga yang disebabkan oleh risiko kematian.

2. Asuransi Kesehatan

Manfaat Asuransi Kesehatan secara khusus membantu Nasabah yang membutuhkan finansial yang besar untuk menanggung biaya pengobatan rumah sakit, atau terjadi kecelakaan. Asuransi kesehatan menjamin ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga selaku pemegang polis. Kejadian sakit atau kecelakaan bukanlah kejadian yang direncanakan dan sama sekali tidak ada orang yang ingin hal itu terjadi. Namun kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dan bagaimana dampaknya kepada kita.

3. Asuransi Jaminan Hari Tua

Produk ini bermanfaat bagi Nasabah yang sudah berusia tidak produktif lagi, tujuan dari Asuransi ini untuk memberikan pendapatan pemegang polis di Hari Tua (Uang Pensiun). Asuransi ini juga membantu penggunanya mewujudkan impian setelah memasuki masa tua, karena dananya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan di masa mendatang.

4. Asuransi Kendaraan

Asuransi ini bermanfaat bagi Nasabah yang mengalami musibah kecelakaan, perusahaan Asuransi akan membayarkan kerugian atau kerusakan dari kendaraan bermotor bagi pemegang polis. kerugian yang ditanggung biasanya disebabkan oleh, Pencurian, Kebakaran, Kecelakaan Lalu-lintas, serta perbuatan jahat orang lain.

5. Asuransi Perjalanan

Merupakan Asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada pemegang polis ketika sedang di perjalanan, seperti biaya medis, kehilangan barang dan lain-lain.

6. Asuransi Properti

Asuransi ini memberikan jaminan kepada pemegang polis yang menjaminkan rumah, toko atau kantor. Saat ini rumah atau properti yang berharga perlu perlindungan, contohnya jika terjadi suatu kebakaran atau bencana, maka pihak Asuransi akan mengganti segala kerusakan atau kerugian properti anda.

7. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan bisa dibilang Beasiswa, perusahaan akan memberikan uang beasiswa kepada tertanggung sesuai ketentuan yang tertera di polis, Asuransi ini bermanfaat bagi anda yang memiliki anak kecil, sehingga membutuhkan biaya yang besar untuk pendidikannya.

Secara garis besar, Asuransi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, untuk itu anda harus mengubah sudut pandang anda tentang Asuransi, tidak hanya jaminan terhadap keuangan anda tapi juga bisa sebagai penjamin pendidikan dan lain-lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita.