Monday, January 1, 2018

Inilah Pengertian Dari Premi Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui

Inilah Pengertian Dari Premi Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui

Apa Itu Premi Asuransi Menurut Para Ahli - Perkembangan Asuransi di Indonesia memiliki perkembangan yang sangat pesat, masyarakat kini bisa lebih leluasa memilih mana Asuransi terbaik dengan premi terbaik. Memiliki Asuransi tentu harus lebih teliti terutama dalam hal kredibilitas dan nilai premi yang harus dibayar.

Umumnya untuk masyarakat yang hidup di perkotaan, mereka tidak terlalu memikirkan besaran premi karena mereka sudah tahu betul dengan manfaat dari Asuransi, ngomong-ngomong soal premi, apa sih premi itu? mungkin bagi sebagian masyarakat khususnya yang tinggal di daerah perkotaan sudah tahu, tapi tak masalah saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian premi Asuransi.

Baca Juga: Minimum Premi Allianz Syariah

Pengertian Premi Asuransi Menurut Para Ahli


Untuk pengertian premi, beberapa ahli menyimpulkan beberapa pendapat, yang berbeda-beda, namun memiliki arti yang sama, berikut pengertiannya.

  • Menurut Juli Irmayanto Premi adalah sesuatu yang diberikan sebagai hadiah atau sesuatu yang dibayarkan ekstra sebagai pendorong atau perancang atau sesuatu pembayaran tambahan di atas pembayaran normal.
  • Namun menurut para ahli, premi merupakan pembayaran dari tertanggung kepada penanggung.
Dari pengertian diatas, kita bisa menyimpulkan, bahwa premi merupakan sebuah imbalan jasa terhadap suatu perusahaan atas perlindungan finansial yang telah diberikan oleh perusahaan. 

Tidak hanya menurut para ahli, premi juga memiliki pengertian yang berbeda menurut ilmu akutansi, adapun pengertiannya ialah, premi adalah istilah yang menjelaskan sejumlah dana yang dibayarkan oleh pihak pemegang polis terhadap pihak penanggung atau perusahaan asuransi untuk memperoleh nilai perlindungan bila yang bersangkutan tertimpa peristiwa yang tak diinginkan.

Dalam sistemnya, premi memiliki perhitungan yang lumayan sederhana, dan perusahaan biasanya menggunakan dua acuan dalam menghitung besaran premi, yaitu.

  • Perhitungan Premi Asuransi: Menurut Hukum Bilangan Besar 
  • Perhitungan Premi Asuransi: Menurut Mortalitas
Selain menggunakan 2 perhitungan diatas, premi juga dihubungkan untuk tingkat suku bunga, biaya distribusi, serta biaya administrasi, namun setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbede-beda.
Itulah sedikit informasi tentang pengertian premi Asuransi, semoga bermanfaat bagi kita semua.